Rabu, April 22, 2009

|Posdaya : Masyarakat Indonesia di Yunani Meluaskan Rentang Sinambung Bergulirnya

Setelah Cimanggis-Depok dan Tlajung Udik-Gunung Putri-Bogor, Kini di Lombok Barat dan Rawalumbu-Bekasi


Rayadi Inak, warga Indonesia yang berdiam di Athena, Yunani, dan menjadi seksi humas Masyarakat Indonesia di Yunani, bulan April 2009 ini, telah mengunjungi beberapa tempat di Indonesia. Di antaranya adalah Jakarta, Bali, Lombok Barat, Bogor dan Bekasi. Di Jakarta untuk pulang kampung, di Bali untuk urusan yoga. Sedangkan di Kabupaten Lombok Barat (Desa Senteluk, Kec Batulayar), Rayadi atas nama Masyarakat Indonesia di Yunani mendrop bantuan untuk pemberdayaan masyarakat. Di Kabupaten Bogor (Desa Tlajung Udik, Kecamatan Gunung Putri), Rayadi juga atas nama Masyarakat Indonesia di Yunani , melihat langsung realisasi bantuan sebagai pancingan untuk pemberdayaan masyarakat yang telah diberikan sejak November 2008. Di Kota Bekasi (Kelurahan Pengasinan, Kecamatan Rawalumbu), Rayadi meninjau lokasi yang rencananya akan diikutsertakan dalam program pemberdayaan.

Rayadi, melakukan kegiatan tsb sebagai bagian dari kunjungan pulangnya ke Indonesia setelah hampir 2 tahun bermukim di negeri kelahiran Alexander Agung itu. Selama bermukim di sana, Rayadi bersama Budi Santoso, Kristi Yanti dan beberapa motor penggerak lainnya berhasil mengajak warga Indonesia untuk bersama-sama peduli masyarakat prasejahtera di tanah airnya. Fokusnya adalah peduli kebutuhan gizi ibu hamil, balita dan lansia miskin yang jumlahnya di Indonesia tidak kurang dari 3 juta, hanya untuk balita miskin saja, di mana kemampuan pemerintah untuk menanggulanginya baru 39 ribu balita miskin bergizi kronis. Sebagaimana dikabarkan apa yang dilakukan pemerintah tersebut baru bersifat penanggulangan. Belum mampu mencegah sehingga diperlukan partisipasi masyarakat.

Kepedulian masyarakat Indonesia di negeri yang berpenduduk 11 juta di Jazirah Balkan tersebut adalah sebagai tindak lanjut dari hasil pemahaman mereka setelah mengikuti beberapa sesi pengkajian makna hidup berdasarkan Kitabullah yang dilakukan 2 x per bulan, yang diikuti oleh rata-rata 100 orang dari 500 orang warga Indonesia yang bermukim di negeri itu. Sungguh menarik, silaturahmi mereka tidak hanya berisi saling senasib sepenanggungan di rantau namun mereka juga telah selidah sehati dan setindakan untuk peduli kepada saudara-saudara tidak langsung mereka yang berada di tanah air.

Adapun bantuan Masyarakat Indonesia di Yunani yang telah direalisasikan bagi masyarakat RW-09 dan RW-13 Desa Pasir Gunung, Kecamatan Cimanggis Kota Depok disalurkan lewat posyandu setempat. Bantuan berupa bubur kacang ijo, telur dan buah bagi ibu hamil, balita dan lansia prasejahtera yang hanya berlangsung 1 x saja (Desember 2008). Tidak dilanjutkan lagi karena masyarakat di sini telah peduli warga miskin dengan cara berpatungan Rp 2.500 per bulan per KK melalui RT masing-masing yang sebagiannya dibelikan makanan bergizi untuk disalurkan melalui posyandu.

Bantuan bagi masyarakat RW 19 RT 1, Kampung Kedep, Desa Tlajung Udik, Kecamatan Gunung Putri Kabupaten Bogor telah berlangsung sejak November 2008 sampai dengan saat ini dengan frekuensi 2 kali per bulan berupa bubur kacang ijo, telur ayam rebus dan buah serta honor bagi guru pengajian anak-anak. Bantuan ini bersifat pancingan dan masih akan diberikan sampai masyarakat setempat mengambil alih kegiatan tersebut sehingga dana bisa dialihkan untuk penyelenggaraan program PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) bagi warga miskin. Bisa jadi pula program gizi ini dialihkan ke lokasi sekitar yang juga sedang mengalami situasi rendahnya kepedulian masyarakat. Perlu diketahui bahwa di Desa Tlajung Udik ini terdapat sekitar 4.000 balita (di antaranya 100 balita bergizi buruk) yang diurus oleh 27 posyandu di 31 RW dengan kondisi di mana masyarakat dan pengusaha industri di sekitar tempat itu masih belum peduli masalah ini.

Sementara itu bantuan bagi masyarakat Desa Senteluk, Kecamatan Batulayar, Kabupaten Lombok Barat berupa peralatan audio untuk PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) warga prasejahtera serta tambahan honor bulanan bagi fasilitator PAUD. Sedangkan bantuan untuk Kelurahan Pengasinan Kecamatan Rawalumbu Kota Bekasi direncanakan berupa bubur kacang ijo, telur ayam rebus dan buah serta honor guru PAUD/ pengajian anak-anak.

Program pemberdayaan (posdaya) yang dilakukan Masyarakat Indonesia di Yunani ini bersifat sinambung bergulir. Artinya untuk periode tertentu, yaitu setelah masyarakat setempat mengambilalihnya, maka dana akan digulirkan ke lokasi lain yang terdekat – untuk memancing partisipasi masyarakat - dan atau ke program selanjutnya. Yang dimaksud dengan program selanjutnya di antaranya adalah pemberian honor dan sarana bermain untuk program PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini), dana gotong royong siswa sekolah agar rukun, dana beasiswa siswa miskin, dsb.

Masyarakat Indonesia, sebagaimana dinyatakan Rayadi, ingin mengajak masyarakat seluruh Indonesia di RW / desa masing – masing untuk segera peduli nyata menangani balita, ibu hamil dan lansia miskin. Jika tidak segera dilakukan, anak-cucu kaum kaya kelak akan berhadapan dengan sesama mereka yang miskin yang tumbuh besar dalam keadaan kurang gizi. Jika itu terjadi, anak-anak cucu kaum kaya akan bertambah berat tugasnya karena berhadapan dengan jutaan sesamanya yang bodoh yang cenderung kufur sehingga berpotensi susah diatur dan bahkan akan merusak hasil pembangunan yang ada.

Bogor, April 2009

YonPosdaya/ SriPosdayawati / SastrawanBatangan dalam MariBerposdaya

Catatan :
  • Untuk informasi kepedulian lebih lanjut agar program posdaya dapat berlangsung sinambung dan bergulir dapat menghubungi : a) Wilayah Gunung Putri : Bpk Sueb (Ketua DKM Al Maliki, telp 021-86861076), Ny Ade Siti Hayati (Koordinator Posyandu Teratai Kp Kedep Gunung Putri, telp : 021-8675061); b) Cimanggis/ Depok : Ny Tukijan (0813-18586700), Ny Suliyati Cahyo (021-87716711); c) Kelurahan Pengasinan Kec. Rawalumbu Kota Bekasi : Bp Matsani (021-8222845 / 021-94971338); d) Petunjuk teknis dan metode Posdaya Sinambung Bergulir melalui website/blog ini atau Sdr Eeng Hendarusman (0251-8318491);
  • Paket bantuan untuk Posyandu Teratai Kp Kedep Desa Tlajung Udik Kec Gunung Putri Kab Bogor per 1 kali kegiatan (1 bulan 2 kali kegiatan) : Telor 15 kg; @ Rp 15.000 Kacang ijo untuk burjo 10 kg; @ Rp 10.000; Gula untuk burjo 5 kg; @ Rp 8.000 Susu Indomilk utk burjo 6 kaleng; @ Rp 7.500; Gas untuk masak telur & burjo 1 tabung; @ Rp 18.000; Jeruk 1 paket; @ Rp 200.000 ; Plastik untuk bungkus burjo 6 kantong; @ Rp 5.000 ; Plastik kresek 1 kantong; @ Rp 40.000; Jahe, peniti, pandan 1 paket; @ Rp 25.000; material lain2; 1 paket; @ Rp 2.000; Snack kader tim pelaksana/kader posyadu 1 kali; @ Rp 68.000 ; Fotokopi 1 kali; @ Rp 5.000; Total Rp 798.000,- per kali kegiatan atau Rp 1.596.000,- per bulan
  • Beberapa industri yang berada di sekitar lokasi Kp Kedep / Desa Tlajung Udik Kecamatan Gunung Putri Kabupaten Bogor yang mudah-mudah sebagian program CSRnya dapat diwujudkan dalam bentuk paket makanan gizi tambahan antara lain adalah : PT Kahaptex (tekstil, Kp Kedep), PT Margreta Sweeta Varia (pabrik roti, Kp.Kedep Rt.01/21), PT Daekan Indar Indonesia ( furniture dari kayu/box speaker, Kp.Kedep Rt.01/23); PT Dian Inti Sejahtera (industri plastik kaminating, Jl Kedep no 2 RT 001/20), PT Eastech Indonesia (Industri refratori, Kp Kedep Rt 02/17), PT Allied Feeds Indonesia (industri makanan ternak, Jl. H. Saitam No. 28 Kp. Kedep), PT Pelangi Perkasa Harapan (industri barang dari kulit, Kp. Kedep), PT Refratech Mandala Perkasa (industri barang elektro, Kp Kedep RT 02/17), PT Cahaya Warna Gemilang (Kp Kedep RT-1/RW19), PT Indorepair Sukses Gemilang (industri reparasi , Jl. H. Saitam No.168A Kp Kedep 001/15); PT Adi Wisesa Mandiri (industri lem perekat, Kp Kedep), PT Duta Sarana Perkasa (industri beton Dusaspun, Kp Kedep RW-19), PT Daitoh Indar Indonesia (Kp Kedep, industri bahan dari kayu) dan PT Dua Sandol (industri garmen, Kp kedep).
  • Untuk kontribusi bagi posyandu di Desa Tlajung Udik Kec Gunung Putri Kabupaten Bogor dapat menghubungi Ibu Carolina Sahri (Pembina Posyandu Kelurahan Tlajung Udik) atau Ny Ade Siti Hayati (Koordinator Posyandu Teratai Kp Kedep Gunung Putri, telp : 021-8675061).
  • Untuk pengalaman pengkajian makna hidup berbasis kitabullah dapat menghubungi Bpk Rayadi Inak di Athena Yunani melalui e-mail : rayadi.inak@gmail.com atau ke blog/website http://mariberposdaya.blogspot.com



Tidak ada komentar:

Posting Komentar