Sabtu, September 05, 2009

Saat Masjid Memberdayakan Masyarakat – Sejak Masih Anak - Bergotongroyong Peduli Lingkungan


Kelanjutan Program Posdaya di Masjid Baiturrahman, Dukuh Sembung,
Desa Sukoharjo, Kec. Ngaglik, Kab. Sleman, DI Yogyakarta.

Hari itu, 14 Agustus 2009, banyak orang bungah dan sekaligus tergugah. Betapa tidak, hari itu telah ditandatangani dan sekaligus direalisasikan berbagai kontrak kemitraan pemberdayaan masyarakat oleh masjid Baiturrahman di Desa Sukoharjo, Kecamatan Ngaglik, Kabupaten Sleman dengan warga sekitar lokasi masjid. Salah satu kontrak yang dilakukan oleh Masjid tersebut adalah dengan 7 sekolah (dari TK sampai dengan SD) dan 3 kelompok remaja yang melibatkan 244 orang siswa /remaja untuk secara serempak melakukan gotong royong membersihkan sekolah masing-masing secara bergantian.


Ke 244 orang peserta, yang berdasarkan kontrak tersebut akan melakukan 6 kali kegiatan gotong royong, terdiri dari siswa-siswi TK Sukorini (38 orang), TK ABA (49 orang), SDN Selomulyo (25 orang), SDN Sukomulyo (25 orang), MI Darul Huda (25 orang), SDN Seloharjo (25 orang), SDN Sukosari (25 orang), Remaja Masjid tingkat SD (10 orang), Remaja Masjid tingkat SLTP (10 orang) dan Remaja Masjid tingkat SLTA (12 orang). Bersama-sama mereka membersihkan sekolah dan Kantor desa dengan jadwal sebagai berikut :

  • 14 Agustus 2009, SDN Selomulyo
  • 9 Oktober 2009, SDN Sukomulyo
  • 23 Oktober 2009, MI Darul Huda
  • 6 November 2009, SDN Seloharjo
  • 20 November 2009, SDN Sukosari
  • 15 Desember 2009, Kantor Desa Sukoharjo

Selain kegiatan gotong royong, yang dikoordinasikan oleh Suyadi S.Pd. tersebut, Masjid Baiturrahman juga menyelenggarakan kontrak kemitraan dengan warga dalam beberapa hal, yakni :

  • Pemberdayaan masyarakat agar peduli kesehatan dasar melalui pemberian contoh makanan sehat kepada 122 orang warga prasejahtera (9 orang ibu hamil, 46 orang balita dan 67 orang lansia) di posyandu setempat.
  • Pemberdayaan masyarakat agar peduli pendidikan melalui kegiatan : a) pembinaan lembaga Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di mana di tempat itu terdapat 29 orang anak usia dini yang menjadi pesertanya, b) pemberian beasiswa kepada 102 orang siswa miskin (prasejahtera) serta c) pemberian honor tambahan bagi guru-guru yang berstatus honor
  • Pemberdayaan masyarakat agar peduli ekonomi warga prasejahtera melalui koperasi posdaya
Kegiatan yang disponsori oleh Yayasan Damandiri dan diharapkan setelah 3 bulan akan dilanjutkan secara mandiri oleh warga setempat tersebut seluruhnya dikoordinasikan oleh H. Ir.Wiratno yang bertindak sebagai Ketua Posdaya Berbasis Masjid Baiturrahman. Sedangkan Tim Teknis yang mendapatkan amanah dari Yayasan Damandiri untuk memfasilitasi kegiatan pemberdayaan ini terdiri dari Soleh Kusmana, Heriyadi Priatna, Arief Muttaqien, dan Iza Akmariza.

Khusus untuk kegiatan peduli kesehatan dasar, pernah dilakukan oleh Masjid Baiturrahman – bekerjasama dengan Yayasan Damandiri dan Yayasan Tatang Nana – pada awal tahun 2007. Bibit-bibit keberdayaan banyak bermunculan di antara warga lokal dan itulah yang dipantau oleh Yayasan Damandiri yang akhirnya memutuskan untuk melakukan pengembangan ke berbagai bidang pemberdayaan.

Mengapa Masjid Baiturrahman melakukan kegiatan seperti itu? Paling tidak ada tiga hal yang menjadi landasan, yaitu bahwa : 1) pendidikan kebersihan dan peduli lingkungan perlu diberikan sejak anak-anak berusia dini, 2) dengan bersama-sama bergotong royong, para siswa / remaja menjadi saling kenal dan karena saling kenal itulah maka intensitas tawuran diharapkan akan berkurang, 3) masjid sudah selayaknya menjadi sarana pemberdayaan masyarakat secara nyata sebagai bukti bahwa ketakwaan kepada Allah swt.

Semoga kiprah Masjid Baiturrahman dapat lestari dan menjadi maskot bagi tumbuhnya hal serupa di rumah-rumah ibadah lainnya untuk membuktikan bahwa rumah ibadah berfungsi membawa rahmatNya bagi semesta alam

Bogor, 6 September 2009 (Sastrawan Batangan/Jon Posdaya/Sri Posdayawati)

Catatan : Informasi lainnya dapat diperoleh di http://www.mariberposdaya.blogspot.com











1 komentar:

  1. antonsaputra@yahoo.co.idMinggu, 15 April, 2012

    sd selomulyo
    semangat terus ...

    BalasHapus