Selasa, Februari 17, 2009

Posdaya | Jauh Di Mata Yunani Dekat Di Hati Gunung Putri

Aktualisasi Kereligiusan Masyarakat Indonesia
Di Athena Yunani
Yang Berposdaya Sinambung Bergulir
Di Kampung Kedep, Gunung Putri, Bogor


Bangsa Indonesia, syukur Alhamdullilah, tetap terpelihara bukti kereligiusan aktualnya walau jauh dari kampung halaman. Wujud kereligiusan aktual itu adalah pengumpulan dana takwa oleh jemaah pengajian Masyarakat Indonesia di Athena, Yunani (difasilitasi oleh Bpk Rayadi Inak, Ibu Kristi Yanti dll) sejak Oktober 2008.

Dana tersebut, sesuai kesepakatan, akan digulirkan untuk program Posdaya Berbasis Masyarakat / Masjid. Lokasi pertama yang dipilih untuk pelaksanaannya adalah Kampung Kedep, Desa Tlajung Udik, Kecamatan Gunung Putri Kabupaten Bogor, kampung asal salah seorang anggota jemaah.



Tahap pertama program yang telah bergulir sejak November 2008 tersebut dilakukan dengan pemberian makanan bergizi tambahan (berupa telur rebus, bubur kacang hijau dan jeruk) yang diorganisasikan oleh Posyandu Teratai (RW-19/RT-02) bekerjasama dengan DKM (Dewan Kemakmuran Masjid) dua kali per bulan, yakni sekali di masjid dan sekali di Posyandu.

Tokoh atau warga masyarakat setempat yang terlibat antara lain Bpk Ala (Ketua RW-19), Bpk M Sueb (Ketua DKM Al Maliki), Ibu Carolina Sahri (sesepuh posyandu yang berusia 68 tahun), dan para kader posyandu (Ny Ade Siti Hayati, Ny Anih, Ny Ami, Ny Natinem dan Ny Liman). Jumlah balita yang mendapatkan tambahan makanan bergizi tersebut adalah 173 orang. Sedangkan ibu hamil dan lansia prasejahtera masing-masing sebanyak 11 orang dan 34 orang.

Di sela-sela kegiatan telah dilakukan gotong royong masyarakat untuk memelihara kebersihan lingkungan. Tahap pertama yang dilaksanakan adalah gotong royong siswa TPA membersihkan mushalla di lingkungan setempat pada hari Minggu, 11 Januari 2009. Diharapkan dengan metode ini, warga masyarakat sejak kecil mulai peduli kepada kebersihan dan kelestarian lingkungan dengan cara gotong royong, budaya warisan nenek moyang.




Program pertama (berupa pemberian makananan sehat bergizi) -yang kontrak pendanaannya berakhir pada akhir bulan Februari 2009 - tersebut diharapkan akan dilanjutkan oleh para dermawan lainnya. Baik para pengusaha yang ada di wilayah tersebut maupun putra daerah yang berada di tempat lain.

Sebagai catatan, di dekat posyandu Teratai terdapat banyak industri / pabrik yang Insya Allah bisa diajak bermitra (sebagai bagian dari program CSR/Corporate Social Responsibility) untuk mengurangi kebodohan masa depan akibat kurang gizi balita pada saat ini (lihat catatan di bagian bawah). Sedangkan putra daerah yang berada di luar daerah misalnya saja salah satu warga Indonesia di Yunani berasal dari Kampung Kedep, Desa Tlajung Udik, Gunung Putri, di mana program berlangsung.


Selain di Gunung Putri tersebut, warga pengajian Masyarakat Indonesia di Athena juga telah mengalokasikan sebagian dari dana takwanya pada akhir tahun 2008 untuk Posyandu RW-09 dan RW-13 Desa Pasir Gunung, Kecamatan Cimanggis Kota Depok. Fasilitator yang berperan di lokasi ini antara lain adalah Ibu Bambang dan Mbak Mutiara (mahasiswi Universitas Nasional). Keduanya masing-masing adalah adik dan puteri Ibu Kristi Yanti.

Catatan :
  • Untuk informasi kepedulian lebih lanjut agar program posdaya sinambung dan bergulir dapat menghubungi : a) Wilayah Gunung Putri : Bpk Sueb (Ketua DKM Al Maliki, telp 021-86861076), Ny Ade Siti Hayati (Koordinator Posyandu Teratai Kp Kedep Gunung Putri, telp : 021-8675061); b) Cimanggis/ Depok : Ny Tukijan (0813-18586700), Ny Suliyati Cahyo (021-87716711); c) Petunjuk teknis dan metode Posdaya Sinambung Bergulir melalui website/blog ini atau Sdr Eeng Hendarusman (0251-8318491);
  • Paket bantuan per 1 kali kegiatan (1 bulan 2 kali kegiatan) : Telor 15 kg; @ Rp 15.000 Kacang ijo untuk burjo 10 kg; @ Rp 10.000; Gula untuk burjo 5 kg; @ Rp 8.000 Susu Indomilk utk burjo 6 kaleng; @ Rp 7.500; Gas untuk masak telur & burjo 1 tabung; @ Rp 18.000; Jeruk 1 paket; @ Rp 200.000 ; Plastik untuk bungkus burjo 6 kantong; @ Rp 5.000 ; Plastik kresek 1 kantong; @ Rp 40.000; Jahe, peniti, pandan 1 paket; @ Rp 25.000; material lain2; 1 paket; @ Rp 2.000; Snack kader tim pelaksana/kader posyadu 1 kali; @ Rp 68.000 ; Fotokopi 1 kali; @ Rp 5.000; Total Rp 798.000,- per kali kegiatan atau Rp 1.596.000,- per bulan
  • Beberapa industri yang berada di sekitar lokasi Posyandu Teratai di Kp Kedep yang mudah-mudah sebagian program CSRnya dapat diwujudkan dalam bentuk paket makanan gizi tambahan antara lain adalah : PT Kahaptex (tekstil, Kp Kedep), PT Margreta Sweeta Varia (pabrik roti, Kp.Kedep Rt.01/21), PT Daekan Indar Indonesia ( furniture dari kayu/box speaker, Kp.Kedep Rt.01/23); PT Dian Inti Sejahtera (industri plastik kaminating, Jl Kedep no 2 RT 001/20), PT Eastech Indonesia (Industri refratori, Kp Kedep Rt 02/17), PT Allied Feeds Indonesia (industri makanan ternak, Jl. H. Saitam No. 28 Kp. Kedep), PT Pelangi Perkasa Harapan (industri barang dari kulit, Kp. Kedep), PT Refratech Mandala Perkasa (industri barang elektro, Kp Kedep RT 02/17), PT Cahaya Warna Gemilang (Kp Kedep RT-1/RW19), PT Indorepair Sukses Gemilang (industri reparasi , Jl. H. Saitam No.168A Kp Kedep 001/15); PT Adi Wisesa Mandiri (industri lem perekat, Kp Kedep), PT Duta Sarana Perkasa (industri beton Dusaspun, Kp Kedep RW-19), PT Daitoh Indar Indonesia (Kp Kedep, industri bahan dari kayu) dan PT Dua Sandol (industri garmen, Kp kedep). Untuk kontribusi bagi posyandu Kp Kedep hubungi Ny Ade Siti Hayati (Koordinator Posyandu Teratai Kp Kedep Gunung Putri, telp : 021-8675061) dan Ibu Carolina Sahri (Pembina Posyandu Kelurahan Tlajung Udik)
  • Untuk pengalaman pengajian berorientasi pada kereligiusan aktual dapat menghubungi Bpk Rayadi Inak di Athena Yunani melalui e-mail : rayadi.inak@gmail.com
Dilaporkan oleh JonPosdaya, Februari 2009

2 komentar:

  1. Kalo dipikir-pikir jauh juga ya yang nyumbang...tapi saya saluuuttt banget...Kalau ngliat banyak perusahaan di sekitar Kampung ini rasanya simpel saja ya tiap bulan nyediain telor 15 kg, kacang ijo untuk burjo 10 kg, gula untuk burjo 5 kg, susu Indomilk utk burjo 6 kaleng. Kalo direksinya pelit ya karyawannya yang disuruh patungan...Itulah dunia. Yang jauh nyumbang yang deket mungkin belum ngliat yang simpel ini

    BalasHapus
  2. Meregehese (Wates, Kulon Progo)Selasa, 10 Maret, 2009

    Orang Indonesia ratusan juta...sekiranya mereka sadar bahwa bubur kacang ijo dan telur yang murah meriah bisa mengurangi kebodohan bangsa di masa depan yang akan berdampak kepada anak cucu mereka sendiri.....mereka akan drop kacang ijo dan telur buat posyandu di daerahnya masing-masing........murah meriah

    BalasHapus