Sabtu, Juni 20, 2009

Posdaya | Cara Mudah Bantu Tetangga Miskin (Yang Dekat Atau Di Luar Komplek Perumahan)

Diedit dari tulisan yang dimuat dalam Notes Annie Soehardjo / UGM / dalam Facebook tanggal 20 Juni 2009

Tulisan ini mengajak kita sekalian untuk memberdayakan diri untuk melakukan tindakan nyata dengan cara gampang, murah meriah dan tepat guna (kemungkinan sedikit salah sasaran atau dimanipulasi karena tidak berupa uang) namun amat berguna untuk mengurangi penderitaan tetangga dekat akibat kurang gizi dan kelaparan. Apa yang dilakukan ini adalah bagian dari Posdaya (Pos Pembedayaan Keluarga) dengan operasionalisasi sbb :
  • Mulai dari kita sendiri saja. Pilih 3 anak, atau 3 lansia (Tidak usah semua! Sesuaikan saja dengan kemampuan) yang terdekat, atau yang termiskin, atau yang “ter: apa saja, sesuai kata hati), yang sering lewat, atau sering kita jumpai sekitar rumah.
  • Bilang ke mereka, mereka boleh datang ke rumah, atau kita ke rumah mereka tiap hari Sabtu (atau Sabtu dan Rabu, atau hari apa saja - sesuai kemampuan saja) untuk mendapat 1 susu bantal atau apa saja yang mempunyai nilai gizi (bubur kacang ijo atau sejenisnya). Kalau misalnya si miskin itu ada di luar komplek perumahan anda, mintai tolong pembantu atau satpam untuk mengantarnya ke rumah si miskin (sekali-kali anda cek apakah benar bantuan tsb sampai kepada ybs).
  • Lakukan beberapa lama.
  • Kalau kemampuan bertambah, atau kita ingin menambah. Bisa kita tambah jumlah mustahik, atau persering pemberian susu misalnya menjadi 3x seminggu, atau tambah jenis makanan misalnya telur rebus, vitamin, atau apa saja.
  • Kemudian ajak 1-2 tetanggamu yang lain, melakukan hal yang sama kepada yang lain. Yang diberikan boleh apa saja, seberapa saja, kepada mustahik yang mana saja, sesuai pilihan mereka. Nanti, tiap teman bisa diminta mengajak temannya yang lain. MLM seperti ini niscaya membangun gunung kebaikan, menanamkan kasih sayang dan kegembiraan hati pada semua orang, baik yang memberi, maupun yang diberi.
  • Dengan berjalannya waktu, kegiatan ini akan berkembang sendiri baik bentuk, jumlah, jenis pelayanan dan sebagainya sesuai situasi dan kondisi setempat. Jangan lupa, kita infokan lokasi kegiatan ini kepada "Gizi Untuk Tetangga Dhuafa". Siapa tahu ada orang-orang lain lagi yang berdekatan dengan lokasi tersebut yang juga ingin bergabung.
  • Mohon teman-teman untuk mendistribusikan info cara-cara termudah membantu tetangga dhuafa yang bisa dilakukan di sekitar tempat tinggal masing-masing. Teman -teman juga dipersilahkan – jika berkenan – bergambung dalam discussion board di FB dengan tajuk ’GIZI UNTUK TETANGGA DHUAFA’

Info lebih lanjut mengenai hal ini dan Posdaya (Pos Pemberdayaan Keluarga) dapat menghubungi Aksi Nutrisi Nurani, Bona Indah Garden Blok B5/52, Jakarta atau melalui e-mail: gizitetangga.dhuafa@ymail.com,

Disunting oleh Sastrawan Batangan, 20 Juni 2009


Tidak ada komentar:

Posting Komentar