Kamis, Juni 25, 2009

Posdaya | Ungkapan Hati Atas Terlaksananya Posdaya Berbasis Masjid Di Masjid Jami Al Hikmah, Kesambi Baru, Kesambi, Kota Cirebon

8 Juni 2009, di Masjid Jami Al Hikmah, Kesambi Baru, Kota Cirebon berlangsung realisasi kegiatan pemberdayaan masyarakat berbasis masjid. Paket bantuan pemberdayaan ini berasal dari sebuah keluarga besar di Jakarta yaitu berupa makanan tambahan bergizi yang akan berlangsung selama 3 bulan (Juni – Agustus 2009) untuk 91 warga prasejahtera (6 ibu hamil, 51 balita dan 39 lansia). Diharapkan setelah Agustus 2009 itu, masyarakat setempat – yang berkomitmen setelah dilakukan sosialisasi oleh Tim Teknis – akan meneruskan kegiatan pemberdayaan tahap awal, yaitu peduli kurang gizi masyarakat prasejahtera.


Tim Teknis yang melaksanakan kegiatan tersebut membuat buku laporan dan petunjuk teknis (juknis) pelaksanaan posdaya berbasis masjid. Dalam buku laporan kecil mereka yang singkat padat itu, ada suatu ungkapan hati para anggota Tim Teknis Pelaksananya yang patut disimak. Bunyinya adalah sebagai berikut :

Cirebon, 8 Juni 2009

“Ya Allah Ya Robbana, lindungilah bangsa kami dari segala gangguan, godaan, bisikan, rayuan dan tipu daya serta kedatangan iblis syaitan yang terkutuk.

Dengan rahmat Allah Yang Maha Pengasih dan Penyayang.

Salam selamat sejahtera bagi keluarga besar masyarakat Kesambi Baru. Segala puji milik Allah. Salam dan salawat kepada para malaikat, para nabi, khususnya kepada Nabi Besar Muhammad saw dan para pengikutnya yang setia.

Kami sangat berterima kasih atas bantuan yang telah diberikan oleh Keluarga Besar Ibu Pratiwi Hasan kepada masyarakat RW 05 Kesambi Baru Kota Cirebon berupa contoh makanan sehat (CMS) dalam bentuk bubur kacang hijau, telur ayam rebus, buah jeruk dan susu untuk 96 orang prasejahtera yang terdiri dari 51 balita, 39 lansia dan 6 bumil yang dilaksanakan satu bulan sekali pada kegiatan Posyandu Teratai di Masjid Al Hikmah, Kesambi Baru selama tiga bulan (Juni, Juli, Agustus 2009).

Kami harapkan setelah tiga bulan kegiatan pemberian contoh makanan sehat untuk Posyandu Teratai tetap berjalan terus menerus dan sudah dapat dibiayai oleh seluruh masyarakat sejahtera khususnya di lingkungan Kesambi Baru.

Semoga program Posdaya ini dapat dilaksanakan oleh seluruh masyarakat sejahtera di bumi persada Indonesia melalui kegiatan posyandu dan pemberdayaan masyarakat prasejahtera agar masyarakat prasejahtera menjadi masyarakat Indonesia yang sejahtera.

Terima kasih kepada keluarga besar Ibu Pratiwi Hasan
Terima kasih kepada Ketua PKK RW-05 Ibu Hj Iis Aisyah
Terima kasih kepada DKM Masjid Al Hikmah
Terima kasih kepada Ibu Hj Nani Sumarni
Terima kasih kepada para kader Posyandu Teratai RW-05
Terima kasih kepada Bidan Desa Ibu Cucu Rosilawati, MM Kes
Terima kasih kepada Puskesmas Kesambi
Terima kasih kepada Kelurahan Kesambi
Terima kasih kepada Ketua RW-05 Kesambi Baru
Terima kasih kepada seluruh masyarakat Desa Kesambi Baru
Terima kasih kepada para pendiri dan pencetus ide Posdaya Berbasis Masjid

Salam sayang dari Tim Teknis Pelaksana Posdaya
(Soleh Kusmana, Arief Muttaqien, Hadiyono, Diaz Genaldy)

Selain ungkapan hati, buku kecil itu juga berisi beberapa informasi yang di antarnya adalah: peran masjid sebagai basis pemberdayaan masyarakat, sinergi antara masyarakat sejahtera dengan masjid untuk peduli dan sayang kepada masyarakat prasejahtera, proses penyaluran paket dari masjid posdaya kepada masyarakat prasejahtera. Dalam buku ini juga dituliskan kembali ”Pancasila”, ’Lagu Indonesia Raya’ dan ’Sumpah Pemuda’ sebagai pengingat bagi putra bangsa untuk selalu cinta tanah air dan cinta sesamanya, khususnya kepada yang masih prasejahtera.

JonPosdaya & SriPosdayawati, Bogor, 26 Juni 2009

Catatan :

  • Laju pertumbuhan penduduk di Kota Cirebon sebesar 1,6-1,7 persen per tahun Mengacu pada data BPMP2KB, jumlah penduduk alami Kota Cirebon bulan Mei 2009 sebanyak 270.445 jiwa. Sedangkan berdasarkan data Badan Pusat Statistik, jumlahnya sudah lebih dari 290.000 jiwa (Kompas.com, Kamis, 25 Juni 2009 ). Selanjutnya karena ada perbedaan parameter pengukuran kemskinan maka jumlah warga miskin di Kota Cirebon bervariasi. Tahun 2008 yang lalu, menurut data Dinas Kesehatan Kota Cirebon terdapat warga miskin sebanyak 68.942 jiwa. Menurut Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana Kota Cirebon jumlahnya hanya 19.188 jiwa. Menurut Dinas Sosial Kota Cirebon sekitar 15.000 jiwa sedangkan menurut BPS Kota Cirebon jumlah warga miskin adalah 14.856 jiwa (http://www.radarcirebon.com, Selasa 9/6/2009).
  • Alamat Masjid Al Hikmah : Jalan Kesambi Baru, Cirebon 45134
  • Kontak Posyandu Teratai : Hj Iis Aisyah (Ketua PKK), telp 085224211244, Hani Sumarni (Wakil Ketua PKK) telp. 0878-29534393
  • Untuk mendapatkan juknis gratis sehingga bisa dipakai di lokasi masing-masing dapat menghubungi : Soleh Kusmana (telp. 0813-19300850) atau email : posdaya@ pahamqurani.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar