Jumat, Juni 26, 2009

Posdaya | Lingga(r)jati Cilimus Kuningan : Sekali BerSejarah Tetap BerSejarah

Desa Linggajati Kecamatan Cilimus – 14 km dari Kuningan dan 26 km dari Cirebon, di lereng Gunung Cireme di ketinggian 400 m dpl - rupanya menjadi langganan sejarah. Kalau tahun 1946 di tempat itu dilakukan perundingan antara Republik Indonesia yang baru saja merdeka dengan pemerintah Kolonial Belanda mengenai wilayah defakto RI, maka 8 Juni 2009 yang baru lalu, masyarakat setempat juga mencatat sejarah baru. Yaitu kesinerjian antara masjid, posyandu dan warga sejahtera untuk peduli sesamanya yang termasuk kategori prasejahtera.


Selama ini bukan berarti masyarakat tidak peduli. Sesungguhnya bibit-bibit peduli telah ada dan telah dilaksanakan oleh banyak warga namun sendiri-sendiri dan sembunyi-sembunyi sehingga tidak sinergi. Karena itu masalah yang paling krusial yaitu kurang gizi dan kebodohan yang diderita warga prasejahtera menjadi sering terlewatkan.

Dengan telah adanya bibit-bibit itu maka kehadiran tim teknis posdaya untuk mengajak masyarakat memberdayakan keluarga masing-masing (berposdaya) melalui masjid tidak mengalami halangan bahkan mendapat sambutan hangat.

Kehangatan dan kemudahan itu sangat terasa saat Tim Teknis mempresentasikan program Posdaya Berbasis Masjid kepada para tokoh agama dan masyarakat, bidan desa (ibu Atun Rohyatun), para guru Madrasah (Bp Samir dkk), Koordinator Posyandu Desa (Ibu Rusmiati) dan para kader posyandunya, Ketua RW dan RT serta Kepala Desa Cilimus (Bp. Unang Unarsan). Para tokoh tersebut merestui dan melapangkan jalan bagi Tim untuk melakukan sosialisasi bagi warga masyarakat

Dengan dasar restu tersebut Tim melakukan sosialisasi di hadapan warga bertempat di Masjid Nurul Falah. Hasilnya juga memuaskan, yaitu adanya komitmen warga untuk melaksanakan posdaya yang pelaksanaannya diawali pada tanggal 7 Juni 2009 dengan kerjabakti membersihkan masjid yang diikuti oleh 40 warga bersama 150 siswa TPA. Kegiatan gotong royong ini dilakukan sebagai perwujudan rasa syukur kehadiratNya atas berlangsungnya program kepedulian yang sinerji. Dan Akhirnya pada hari Senin 8 Juni 2008, Posyandu Dusun 1, 2, 3 dan 4 untuk pertama kalinya memberikan santunan kepada 609 orang prasejahtera (38 ibu hamil, 237 balita dan 244 lansia) berupa contoh makanan sehat..

Dana untuk melaksanakan santunan tersebut berasal dari suatu keluarga yang peduli pemberdayaan dengan harapan setelah 3 bulan berikutnya, masyarakat setempat akan meneruskannya. Keluarga yang tak mau disebutkan identitasnya ini baru saja memiliki kebiasaan baru yaitu memberi pancingan agar orang lain terdorong untuk membantu orang lain yang prasejahtera. Kebiasaan ini rupanya ditularkan oleh keluarga lain yang menjadi sahabatnya.

Dengan telah berlangsungnya posdaya berbasis Masjid Nurul Falah di Desa Linggajati ini maka peristiwa sejarah terukir kembali walau jauh dari liputan pers internasional bahkan nasional sekalipun. Meskipun peristiwa kecil, namun dampaknya bagi anak cucu amat sangat besar karena kalau kegiatan ini terus dipelihara dan berkembang, anak cucu warga desa ini akan terhindar dari kebodohan akibat kurang gizi.

Bogor, 27 Juni 2009 (JonPosdaya / SriPosdayawati / Sastrawan Batangan)

Catatan :

  • Perkembangan jumlah keluarga miskin di Kabupaten Kuningan dari tahun 2004 sampai tahun 2007 bertambah 2.868 orang. Dimana pada tahun 2004 jumlah keluarga pra sejahtera I tercatat sebanyak 83,332 kepala keluarga. Peningkatan itu terjadi karena ada keterkaitan dengan situasi berbagai kebutuhan pokok semakin meningkat yang memberatkan masyarakat (beritacerbon.com/ .29 Apr 2009)
  • Porgram Posdaya Berbasis Masjid di Kabupaten Kuningan untuk pertama kalinya pernah dilakukan awal tahun 2008 di Desa Cipedes, Kecamatan Ciniru
  • Pemberian makanan tambahan tahap kedua direncanakan tanggal 5 Juli 2009 sedangkan tahap ketiga tanggal 5 Agustus 2009
  • Kerjabakti tahap kedua direncakan tanggal 9 Juli 2009 dan tahap ketiga tanggal 4 Agustus 2009
  • Tim Teknis terdiri dari Soleh Kusmana, Arief Muttaqien, Hadiono dan Diaz Genaldy dengan alamat Jalan Airlangga V no 42 Cimanggu Permai Bogor (tlp 0251-8318491, e-mail : posdaya@pahamqurani.com)
  • Kontak : H Subandi AAG, Ketua Pelaksana Posdaya Masjid Nurul Falah telp 085864099057

2 komentar:

  1. Posting yang bagus, semoga menjadi mercusuar bagi pemberdayaan aksi sosial masyarakat. Wassalam.

    BalasHapus
  2. posting bagus semoga menjadi semangat kedepanya membuat yang lebih bagus lagi

    BalasHapus